Rematik arthritis dan osteoartritis – Kebingungan antara arthritis dan rematik bisa dimengerti. Meski kata “rematik” sudah tidak ada lagi di kamus medis, masih digunakan untuk menggambarkan gejala yang serupa dengan yang dialami osteoarthritis. Dalam bahasa non-medis, rematik dan arthritis keduanya cenderung digunakan sebagai deskripsi untuk berbagai gejala, seperti nyeri sendi dan pembengkakan.

Rematik arthritis dan osteoartritis

Artikel ini akan menjelaskan dua kondisi yang berbeda: osteoarthritis dan Rematik arthritis. “Arthritis” dan “rematik,” dan bagaimana dua istilah modern menggambarkan dua kondisi yang berbeda: osteoartritis dan rematik arthritis. Rematik masih ditemukan dalam kamus standar dan mengacu pada sejumlah kondisi otot dan persendian, namun dokter tidak lagi menggunakan kata tersebut. Kamus medis Black mengatakan itu adalah “istilah medis usang yang tidak lagi memiliki makna yang pasti.”

Namun, kata-kata yang mirip dengan rematik masih digunakan oleh profesional medis; Rematik dan rheumatologi, misalnya. Ahli rheumatologi adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam pengelolaan penyakit sendi dan jaringan ikat. Bila orang non-medis menggunakan kata “arthritis,” mereka kadang-kadang mengacu pada osteoartritis, ketika mereka menggunakan kata “rematik,” mereka sering berarti rematik arthritis. Namun, karena kebingungan umum, yang terbaik adalah menggunakan terminologi modern yang tepat, maka tidak ada ruang untuk kebingungan.

Halaman ini berfungsi sebagai pengantar osteoarthritis dan rematik arthritis dan secara singkat menjelaskan perbedaan di antara keduanya. Informasi lebih lanjut tersedia dengan mengikuti tautan dalam artikel.

Arthritis secara singkat. Arthritis secara harfiah berarti “peradangan sendi” tetapi digunakan sebagai istilah kolektif untuk keluarga kompleks kelainan muskuloskeletal (otot dan kerangka) yang mencakup lebih dari 100 penyakit atau kondisi yang berbeda.

Arthritis Foundation, sebuah organisasi nirlaba di AS, memperkirakan bahwa ada 53 juta orang Amerika yang hidup dengan arthritis. Meskipun gambar yang terlintas dalam pikiran saat membahas arthritis adalah orang dewasa yang lebih tua, arthritis dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Faktanya, dua pertiga kasus radang sendi ditemukan pada orang dewasa di bawah usia 65 tahun, dan 300.000 anak di A.S. menderita radang sendi. Dua bentuk arthritis yang paling umum adalah osteoarthritis dan rematik arthritis, keduanya diperkenalkan di bawah ini.

Osteoarthritis adalah salah satu bentuk arthritis yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh keausan pada persendian. Gejalanya biasanya berkembang secara bertahap dan meliputi:

  • Sore atau kaku sendi
  • Kekakuan setelah beristirahat yang membaik dengan gerakan
  • Rasa sakit yang memburuk setelah beraktivitas atau menjelang akhir hari

Tulang rawan melindungi dan melindungi sendi, menghentikan tulang agar tidak saling menggosok. Pada osteoarthritis, tulang rawan ini rusak dan menjadi hilang, yang memungkinkan tulang bersatu. Terkadang, penyebab osteoarthritis tidak jelas. Mungkin hanya karena terlalu sering menggunakan sendi tertentu, ini disebut osteoartritis primer. Dalam kasus lain, osteoarthritis mungkin karena kondisi medis yang terpisah, misalnya obesitas. Dalam kasus ini, ini disebut sebagai osteoartritis sekunder.

Rematik arthritis secara singkat. Rematik arthritis adalah bentuk arthritis umum lainnya. Ini adalah penyakit autoimun, yang berarti bahwa tubuh menyalahgunakan jaringan sendiri sebagai asing dan menyerang mereka. Pada rematik arthritis, sistem kekebalan menyerang sendi dan bagian tubuh lainnya, menghasilkan gejala yang sering melibatkan nyeri, kelelahan, dan sendi yang hangat, bengkak dan tampak meradang.

  • Perbedaan antara rematik arthritis dan osteoartritis

Seperti yang telah kita lihat, osteoarthritis dan rematik arthritis adalah kondisi yang terpisah. Salah satunya adalah karena keausan, yang lainnya adalah karena respons imun yang salah. Ada juga perbedaan cara penyakit muncul pada diri individu.

Rematik arthritis lebih cenderung mempengaruhi sendi tengah jari dan sendi yang melampirkan jari ke tangan. Osteoarthritis lebih cenderung mempengaruhi sendi di dasar ibu jari dan jari-jari di ujung jari.

Artritis Rematik cenderung simetris, dengan kata lain, jika lutut kiri terkena, lutut kanan biasanya terkena juga. Ini bukan kasus osteoarthritis. Pada osteoarthritis dan rematik arthritis, persendian akan terasa kaku dan nyeri di pagi hari. Untuk osteoarthritis, ini akan berlangsung sekitar 20 menit, tapi untuk rematik arthritis, bisa bertahan lebih dari 45 menit.

Perlu dicatat bahwa adalah mungkin untuk memiliki kedua osteoarthritis dan rematik arthritis. Misalnya, seseorang mungkin memiliki rematik arthritis di lutut dan osteoarthritis mereka di tulang tulang belakang. Osteoartritis tidak menyebabkan rematik artritis, namun rematik arthritis dapat menyebabkan osteoartritis sekunder dengan cara merusak sendi di tempat pertama.